Mengenal Meja Makan Bayi Terbaik

meja makan bayi


Tidak hanya orang dewasa yang memiliki meja makan, tapi bayi pun sebaiknya memiliki meja makan bayi yang tentunya sesuai dengan usia dan kebutuhannya seperti yang saya jelaskan di bawah ini.

Orang tua dalam memilih dan membeli meja makan bayi tentu tidak boleh sembarangan. Mengingat usia dan struktur anatominya masih belum terlalu kuat menyanggah tubuhnya dengan baik. 


Untuk itulah diperlukan pengetahuan yang cukup bagi kedua orang tuanya dalam hal membeli meja makan bayi bagi buah hatinya.

Kedua orang tua boleh memikirkan dan mempertimbangkan membeli meja makan bayi jika usia bayi minimal berusia 6 bulan, itu pun saat bayi dinyatakan sudah siap menerima asupan tambahan dan harus mendapat pendamping yang selalu di dekatnya.

Agar tidak kekurangan gizi, bayi yang berada di usia minimal 6 bulan biasanya diberikan makanan tambahan atau yang di sebut sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI) yang tujuannya untuk melengkapi asupan vitamin dan nutrisi pada perkembangan sang bayi.

Di masa perkenalan ini orang tua dan bayi secara otomatis memerlukan sebuah perlengkapan bayi seperti meja makan bayi yang tepat dan pastinya terbaik untuk sang buah hati.

Di pasaran orang tua bisa menemukan jenis meja makan bayi konvensional dan multifungsi serta minimalis. 


Sebuah keberuntungan bagi kedua orang tua zaman sekarang, meja makan bayi kini tersedia banyak pilihan dan model, namun yang perlu diingat adalah cerdaslah saat memilih dan membelinya.

Pemilihan Meja Makan Bayi, Mana yang Terbaik?

 

meja makan bayi

 

Bayi di usia 6 bulan memang terbilang ringkih untuk menyangga tubuhnya, juga anatomy pencernaannya belum sekuat seperti yang ditemukan pada anatomy orang dewasa. 


Tentu kedua orang tua harus benar-benar paham dan menyadari hal ini.

Pilihlah meja makan bayi yang benar-benar nyaman, nyaman pun tidak selalu berharga mahal, tapi dengan  memperhatikan beberapa hal di bawah ini saya berharap kedua orang tua bisa membantu mengarahkan bagaimana membeli meja makan bayi tepat.


1. Ketahui berat badan buah hati sebelum membeli meja makan bayi idaman

 

meja makan bayi

 

Kedua orang tua terkadang suka lupa untuk memikirkan apakah kursi dan meja makan bayi pilihannya mampu menyanggah sang bayi dengan baik. 


Pokoknya murah, modelnya cocok, mahal pasti bagus; pemikiran ini tidak selalu benar dan harus diubah.

Untuk itu kedua orang tua harus mengetahui terlebih dahulu berat badan dan tinggi badan sang buah hati. 


Dengan mengetahui berat badan dan tinggi badannya sekarang kedua orang tua tinggal men-sortir pilihan yang tepat sesuai dengan berat badan dan tinggi badan sang buah hati.

Alasan lain tentu saja demi kenyamanan dan keselamatan sang buah hati. 


Ketika kursi dan meja makan bayi tidak mampu menyanggah berat badan bayi tentu bisa membahayakan. Bayi terjungkal, terjerembab, tertelungkup bersama meja makannya misalnya, kita semua tidak ingin ini terjadi dan menimbulkan trauma bagi si bayi dan kedua orang tua bukan?

2. Pilihlah Kursi Dan Meja Makan Bayi Benar-Benar Kokoh

 

meja makan bayi

 

Biasanya saat sedang melihat-lihat kursi dan meja makan bayi di pajang di etalase toko sering kita lihat label informasi produk yang salah satu isi keterangannya berupa info keterangan berat maksimalnya. 


Jika tidak ada maka kedua orang tua perlu menanyakannya ke penjual atau kedua orang tua perlu menguji dengan beberapa cara.

Namun penting untuk diingat juga adalah apakah kursi dan meja makan bayi ini; terutama pada bagian kaki-kainya kuat dan kokoh? 


Untuk itu seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya diperlukan pegujian langsung oleh kedua orang tua. 


Misalnya dengan menekan permukaan meja dengan telapak tangan, apakah kaki-kakinya terlihat berubah posisi saat di tekan, atau saat pengujian tadi ada bagian yang terlihat ringkih? 


Saat suami sedang mengujinya cobalah meminta bantuan istri untuk mengamati juga apakah bentuk dan strukturnya mengalami perubahan atau tidak. 


Jika terlihat solid dan kokoh maka meja makan bayi ini bisa masuk dalam satu catatan nilai positif yang akan di pilih kemudian diantara pilihan lainnya.

Perhatikan juga apakah kursi meja makan bayi ini mampu menahan sandaran bayi dengan baik, apakah kaki-kaki mejanya mudah bergeser, apakah sudut-sudutnya cukup membahayakan sang buah hati saat duduk di meja makan bayi tersebut?


3. Pilihlah Kursi dan Meja Makan Bayi Dari Bahan yang Aman

 

meja makan bayi

Tidak hanya orang dewasa, berapapun usia sang bayi akan rentan terhadap reaksi bahan kimia seperti kualitas cat yang tidak aman dan bahan dasar meja seperti besi yang mungkin menimbulkan alergi pada kulit bayi.

Namun cara paling aman dan terbaik sebetulnya kursi dan meja makan bayi itu terbuat dari kayu. Sebagai bahan alami kayu tentu lebih bersahabat dengan kulit bayi yang sensitif.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah bahan pendukung kursi dan meja makan bayi ini. Tidak hanya meja makan bayi dari kayu, tapi dari plastik kita juga perlu menanyakan ke penjual apakah cat atau pernis yang 'menyelimutinya' benar-benar aman untuk bayi? 


Apakah bahan lapisan bantalannya tidak menimbulkan alergi? Apakah catnya menimbulkan bau yang tajam?

4. Meja Makan Bayi Terbaik Itu yang 'Simpel'

 

meja makan bayi

Setelah pemilihan bahan kursi dan meja makan bayi di dapat, sekarang kedua orang tua perlu memikirkan masalah desain serta faktor ergonomis meja makan bayi tersebut.

Hal ini tak kalah penting karena bentuk meja makan bayi yang sederhana dan terbaik itu wajib memenuhi syarat, yakni seperti berikut:

  • Tidak memiliki sudut yang banyak
  • Kedua orang tua mudah mendudukan dan mengeluarkannya dengan sekali gerakan
  • Tidak memiliki sekat-sekat, hindari bentuk tekukan yang membahayakan jari-jari atau siku bayi
  • Kursi dan meja makannya mudah di bersihkan
  • Memiliki sabuk pengaman (jika ada menjadi nilai plus)
  • Bayi terlihat mudah bergerak bebas sesuai keinginannya


Kedua orang tua juga bisa mempertimbangkan kursi makan bayi mutifungsi dan minimalis, dimana kelebihannya  memiliki meja makan bayi yang bisa di lipat, tentu ini akan mempermudah dan mempersingkat dalam hal menentukan pilihan meja makan bayi yang dimaksud.

5. Pengujian Langsung, Mendudukan Buah Hati Di Meja Makan Bayi

 

meja makan bayi


Langkah ke lima yaitu dengan mengujinya langsung ke sang buah hati di kursi dan meja makan bayi tersebut. Lalu,

Amati apakah orang tua mudah saat akan mendudukan dan mengangkatnya. Amati juga bagaimana reaksi sang bayi apakah dia merasa nyaman? 


Diamkan sesaat dan perhatikan kursi dan kaki-kaki meja makan bayi tersebut, apakah terlihat kuat dan kokoh saat bayi melakukan gerakan kesukaannya.

6. Membandingkan Harga Meja Makan Bayi yang Terpilih

 

Tentu saat kita mensurvei beberapa meja makan bayi tadi kedua orang tua pasti memiliki beberapa alternatif pilihan. 


Dari catatan yang dimiliki maka pilihlah meja makan bayi tadi dengan nilai plus terbanyak, meskipun terkadang harga sesuai kualitas.


Tapi terkadang kita sebagai orang tua bisa juga mendapatkan kursi makan bayi murah atau meja makan bayi terbaik di waktu yang tepat. 


Seperti misalnya mendapatkan harga diskon khusus, pembelian dalam bentuk paket, sedang ada promo, atau bahkan mendapat hadiah yang bisa dipilih.


BACA JUGA:


Meja Makan Bayi yang Terbaik itu...

 


Kedua orang tua harus mendatangi tokonya langsung dan mengujinya secara langsung. Jika di dapat harga termurah di toko online perhitungkan ongkos kirimnya juga apakah tetap murah dan barang sudah sesuai dengan gambar yang di pajang oleh penjual?

Membelinya secara langsung di toko offline tentu memiliki kelebihan yang tidak didapat saat membelinya secara online, karena kita bisa mengujiya secara langsung, mengenalnya dengan lebih baik, terhindar dari kesalahan atau penipuan dan kerugian waktu saat menunggu meja makan bayi itu tiba.

Demikianlah artikel yang membahas tentang meja makan bayi yang terbaik buat sang buah hati di rumah atau untuk hadiah ulang tahun keponakan, misalnya. 


Harapan saya selanjutnya adalah semoga artikel ini dapat menambah wawasan baru pembaca dan meminimalisir kesalahan membeli meja makan bayi serta tahan lama saat penggunaanya. Terimakasih.




LihatTutupKomentar