Mengenal Meja Makan Kayu, Kelebihan Dan Kekurangannya

meja makan kayu


Meja makan kayu hingga saat ini masih diminati karena memiliki nilai tersendiri, bahkan keberadaannya kini sering berada di ruang makan kalangan menengah atas. Meja makan kayu naik kelas, dan memang memiliki konsumennya tersendiri.

Bahan dasar meja kayu umumnya di buat secara manual oleh para tukang yang sudah ahli. Dari mulai pemilihan bahan dasar seperti jenis kayunya, usia kayunya, dan masih banyak faktor lain yang tujuannya agar menghasilkan furnitur seperti meja kayu menjadi berkualitas dan bernilai seni tinggi.


Berbeda dengan meja makan besi, jenis kayu yang biasa di gunakan umunnya adalah kayu jati, trembesi, kayu merbau, kayu mahoni, kayu oak, kayu pinus, kayu maple, kayu pinus.


Mengenal Meja Makan Kayu

 

meja makan kayu


Namun jenis kayu yang paling sering di gunakan sebagai furnitur khususnya dalam hal artikel ini meja makan kayu jenis kayu Jati adalah yang paling unggul dan paling berkualitas di dunia karena sangat 'kebal' terhadap berbagai kondisi cuaca apapun, tahan hama (karena kayu mengandung minyak yang tidak disukai hama rayap), tahan lama.

Tak mengherankan memang jika sering di jadikan pondasi dan tiang-tiang pacang rumah atau bangunan, lambung dan konstruksi kapal laut, jembatan, bantalan rel kereta api dan lain sebagainya.

Namun seiring perkembangan zaman dan sulitnya bahan baku dari kayu Jati kini meja makan kayu jati perlahan di gantikan oleh jenis kayu Pinus dan Mahoni.

Alasanya jelas karena harga bahan baku yang lebih murah, lebih ringan, hanya kekurangannya lebih mudah di serang rayap.


Mengapa Harus Memilih Meja Makan Kayu?


Furniture yang terbuat dari bahan dasar kayu terutama dari kayu Jati (masih dari keluarga Lamiaceae) yang bisa tumbuh mencapai ketinggian 40 meter ini kita sangat tahu manfaat dan kegunaannya sejak zaman dahulu terkenal akan keunggulan daya tahannya.

Coba saja perhatikan ukiran-ukiran lemari tua di Keraton, penyangga-penyangga bangunan tua seperti Masjid Agung, Demak dan lainnya masih berdiri tegak seolah menantang zaman.

Kini karena semakin langka dan langkanya bahan baku dari kayu maka meja makan kayu memiliki nilai tersendiri ketika pembaca sudah memilikinya.

Kelebihan Meja Makan Kayu di Banding Bahan Lain

 

1. Jika kayu yang dipilih tepat kualitasnya seperti kayu Jati tua maka akan berdaya tahan tinggi, semakin tua semakin kuat dan tentu ramah lingkungan, dan tidak akan mengenal karat.

2. Meja makan kayu memiliki beragam bentuk dan ukuran. Seperti kita tahu kualitas ukiran kayu dari Jepara sang 'kota ukir dunia' yang terkenal di manca negara sudah tidak diragukan lagi. Kita pun lebih leluasa memilih ukiran yang sesuai dengan selera kita.

3. Ramah terhadap jenis kulit manusia. Ya, tentu saja sebagai bahan yang terbuat dari alam, meja makan kayu dari pohon yang tumbuh di Indonesia merupakan salah satu jenis kayu yang berkualitas dan banyak di cari oleh kolektor atau pemburu barang antik, terutama dari negara Jepang mereka tergila-gila dengan kualitas ukiran kayu dari Jepara.

4. Jika dana terbatas pembaca bisa menyesuaikan model dan ukuran sesuai keinginan. Untuk desain atau ukiran yang sederhana bisa di dapat harga meja makan kayu yang lebih murah dan terjangkau tentunya.

5. Meja makan kayu bisa dibilang mudah di adaptasikan dengan benda dan ruang interior sekelilingnya, baik itu ruangan yang bertema minimalis atau modern sekalipun, ini menandakan meja makan kayu pun kehadirannya bisa mudah beradaptasi.


Tips Membeli Meja Makan Kayu Baru

 

meja makan kayu

Pembaca sudah yakin untuk memutuskan membeli meja makan kayu? Jika jawabannya adalah 'iya' maka tips berikut ini sepertinya bermanfaat:

1. Sudut-sudut pertemuan antara kayu harus tersambung dengan siku, simetris, rata, dan alur yang rapih. Potongan kaki-kaki juga harus lurus, jika permukaan meja makan kayu nya berbentuk bulat, ya harus bulat benar dan lain sebagainya.

2. Saat di raba dengan tangan 'feel' finishingnya harus bagus menandakan terlihat di buat dengan sungguh-sungguh, tidak asal jadi, pori-pori permukaan meja makan kayu juga harus rapat dan halus.

3. Hindari pemilihan permukaan meja makan kayu yang terlihat banyak bekas lubang, dahulu bekas ini biasa di tempati sebagai rumah tinggal serangga. Kayu yang memiliki tanda ini artinya di dalam kayu terdapat jalur rongga yang membuat kekuatan dan bobot kayu jadi berkurang.

4. Pilihlah serat kayu yang sudah terlihat padat, rapat, bobot kayu yang lebih berat, memiliki warna coklat kemerahan dan merata. Tanda-tanda tersebut mengartikan jika kayu yang di jadikan meja makan kayu ini adalah kayu tua yang berkualitas.

5. Letakkan gelas berisi air di atas permukaan meja makan kayu ini, perhatikan dengan seksama  apakah permukaan air terlihat horisontal/merata, jika miring berarti kaki-kakinya tidak rata dan disarankan untuk tidak di beli.


Tips Membeli Meja Makan Kayu Bekas

 

meja makan kayu

 

Sebetulnya membeli barang 'second' meja makan kayu bukanlah masalah besar asalkan tidak di temukan tanda-tanda di bawah ini:

1. Secara keseluruhan tidak terlihat ada cacat yang mengganggu pandangan mata, apalagi jika di temukan ada coakan, permukaan yang miring, kaki yang tidak rata

2. Sudah ada tanda keropos lama ataupun baru

3. Pertemuan kayu yang tidak siku lagi, permukaan kayu bergelombang

4. Ada bekas terbakar

5. Ada bau-bau an yang cukup menyengat hidung

6. Ada bekas sambungan atau tambalan yang asal

7. Ada bekas paku yang tidak utuh tertinggal di dalam daging kayu

8. Menimbulkan bunyik gesekan/ suara denyitan yang cukup mengganggu

9. Berjamur atau berlumut tebal dan mengakar

10. Harga yang tidak sesuai dengan kondisinya


Cara Merawat Meja Makan Kayu

 

meja makan kayu

Merawat meja kayu kurang lebih sama dengan merawat furnitur berbahan kayu pada umumnya, namun mungkin tidak sebegitu 'ketat' pengawasannya. Yang antara lain:

1. Meletakkan meja makan kayu seharusnya tidak di ruangan yang lembab, tidak berdekatan dengan suhu panas seperti kompor, sebaiknya yang mudah tersinari matahari beberapa saat tapi tidak terpapar secara langsung.

Kayu yang secara terus menerus terpapar matahari akan menimbulkan retak pada serat, permukaan jadi kasar, dan ukuran kayu bisa saja menyusut.

2. Berikan alas pada setiap kaki meja makan kayu, alas terbaik adalah dari bahan karet. Potongan kayu pada bagian serat yang keras jika bergesekan dengan permukaan lantai biasanya akan meninggalkan bekas yang cukup mengganggu penampilan keramik rumah

3. Meja makan kayu memang rentan terhadap cairan dan minyak karena mungkin ketumpahan atau tanpa sengaja mendapat tetesan yang menegnai permukaan kayu.

Jika tidak segera di lap biasanya akan diserap oleh pori-pori kayu dan akan sulit untuk di hilangkan. Ada baiknya alas meja kayu ini di beri pelindung seperti alas taplak meja yang banyak di jual di pasaran.

4. Meja makan kayu membutuhkan perawatan secara berkala. Karena sifat kayu yang mudah beradaptasi dengan suhu dan cairan diperlukan perawatan untuk membersihkan dengan lap yang halus serta bersih agar bisa mengangkat kotoran diantara pori-pori kayu.

Tips lain dengan mencelupkan kain tadi dengan air bekas rebusan teh tubruk yang biasa kita minum, air bukan yang mengandung gula tapi air rebusan tadi, setlah kain di celup peras sedikit lalu usapkan perlahan ke setiap permukaan kayu. Selain jadi bersih warna kayu akan semakin terlihat indah dan natural.

5. Musuh utama kayu adalah serangga rayap dan jamur. Untuk mencegah masalah ini sebaiknya pembaca menjemurnya sebulan sekali di luar ruangan, membersihkan obat jamur atau anti rayap khusus untuk kayu dan aman bagi makanan.


Kesimpulan Memiliki Meja Makan Kayu

 

meja makan kayu

Memiliki meja makan terbuat dari bahan dasar kayu memang memiliki nilai tersendiri berbeda dengan meja makan besi yang meskipun kuat tapi meja makan kayu terlihat lebih bernilai terlebih jika kayu nya jenis Jati yang tua, semakin tua maka semakin terlihat serat-serat ciri khasnya yang berkarakter kuat.

 

Akibat jumlah kayu Jati yang terbatas di pasaran kini di jual berbagai furnitur kayu termasuk meja makan dari jenis kayu yang lain tapi tidak menjadi masalah karena para pengrajin atau pembuat meja makan kayu kini sudah mengenal teknik pematangan kayu agar di dapat kualitas kayu yang tak kalah bagus.

Terlebih untuk membuat sebuah meja makan kayu sepertinya sudah terbilang mumpuni, harga jadi lebih murah dari kayu Jati asli, tapi memiliki kekuatan yang cukup untuk menyanggah berbagai alat makan dan masakan yang siap untuk di santap bersama keluarga tercinta.

 

Demikianlah artikel tentang mengenal meja makan kayu, kelebihan dan kekurangannya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Terimakasih.




LihatTutupKomentar