Tips Membeli Dan Memasang Karpet Untuk Meja Makan yang Tepat

meja makan


Memiliki karpet untuk meja makan sebagai alas lantainya memang menjadi salah satu cara untuk menambah ruang lebih nyaman, indah, dan mewah. Tapi jika salah membeli akan membuat suasana dan ruang makan menjadi kurang serasi dan menambah pekerjaan baru dalam hal perawatannya.

Dipasaran secara umum kita mengenal karpet dan permadani, lucunya di masyarakat kita keduanya seringkali dianggap sama atau salah penyebutan. Karpet di bilangnya permadani, permadani di bilangnya karpet.

Di pasaran sendiri ukuran dan ragam model karpet dan permadani kini kian beragam dan terkadang memiliki ukuran yang sama, ini menambah kebingungan di masyarakat. Jadi, ya akan lebih baik saya menyebutnya dengan istilah 'karpet permadani' terdengar lebih fair, bukan?


Pengertian Karpet Dan Permadani


Ya, karpet dan permadani bagi orang India berarti lembaran yang menutup lantai, sedangkan di Amerika permadani adalah lembaran yang menutup lantai dengan ukuran yang lebih kecil dn lebih tebal.

Karpet Untuk Meja Makan


Secara lebih jauh istilah karpet adalah lembaran lebih tipis (umumnya memiliki ketebalan antara 0.5 cm - 1.5 cm) dari permadani. Karpet biasanya cara penempatannya selalu ditempel secara permanen memenuhi permukaan di atas lantai, seperti lantai perkantoran hingga ke sudut-sudut ruangan, lantai mushala, lantai apartemen, atau lantai kamar kost tapi dengan jenis karpet plastik lembaran yang lebih tipis dan biasanya lebih murah.

Permadani Karpet Untuk Meja Makan


Sedang permadani penempatannya lebih fokus pada satu titik ruang tertentu, umumnya berada di tengah-tengah ruang santai, tidak seperti karpet, permadani ukurannya tidak pernah memenuhi ukuran lantai, selalu lebih kecil dari ruangan yang ditempatinya.

Secara bahan permadani tentu lebih tebal, di jual dalam bentuk lembaran, bukan meteran. Permadani tampilannya lebih mewah, lebih lembut, mudah untuk di pindah-pindahkan, semakin tebal semakin mahal dan motif lebih indah biasanya dijual lebih mahal.

Penempatan permadani sendiri biasanya ada di lantai ruang tamu, lantai di bawah tempat tidur, di lantai ruang santai, lantai di bawah meja makan, bahkan sajadah adalah permadani dengan ukuran paling kecil.

Permadani yang paling terkenal kualitas dan produksinya berasal dari Turki, Persia, dan Pakistan. Produksi ekspor ke tiga negara ini sudah mendunia dan kualitasnya sudah tidak di ragukan lagi.

Agar artikel ini lebih mudah di pahami maka disini saya menyebut permadani sebagai karpet saja, mengikuti pemahaman masyarakat umum kita. Yup, permadani is the karpet. Hehe.


A. Tips Membeli Karpet Untuk Meja Makan

 
meja makan


1. Tentukan Biaya
Ini alasan klasik tapi selalu manjur agar tidak terlalu merasa rugi 'besar' bila terjadi kesalah pilih.

Meskipun hukum pasar berlaku, ada harga ada kualitas tapi dengan menentukan budget atau biaya kita jadi bisa lebih mensortir piliah yang lebih masuk diakal dan reasonable.

Jika dana sangat terbatas pembaca bisa memilih karpet untuk meja makan berjenis Polipropeline. Terbuat dari bahan sintetis dan memiliki tekstur halus, tapi juga mudah di bersihkan. 

 

2. Ketahui Luas Ruang Makanmu
Cara paling mudah dan praktis adalah dengan mengukur 1.5 x dari ukuran luas meja makanmu. Saat menentukan ukuran jangan pilih karpet untuk meja makan yang ukurannya lebih kecil atau terlalu besar.

Karpet bawah meja makan yang terlalu kecil akan terlihat ganjil, mengganggu langkah kaki, sering terbentur kaki meja akibatnya karpet mudah melipat pada bagian sudut atau tepiannya. Jika terlalu lebar membuat karpet meja makan ini terlalu dominan di banding dekorasi rumah dna interior lain, perawtannyapun jadi lebih ekstra.

3. Perhatikan Corak Ruang dan Dekorasi
Menentukan tema khususnya motif dan warna karpet di awal sangat berpengaruh dengan suasana ruang makan terutama pada corak ruang dan dekorasi yang ada.

Intinya kehadiran karpet untuk meja makan ini harus terlihat harmonis dan seimbang dengan interior sekitarnya. Karpet bawah meja makan ini tidak harus terlalu ramai, tidak harus terlalu gelap, atau terlalu terang, intinya tentukan tema yang ingin pembaca capai terlebih dahulu seperti apa.

Saran terbaik adalah pilihlah motif dan warna karpet bawah meja makan yang cenderung gelap karena terlihat tidak cepat kotor.

4. Bentuk Oval Lebih Baik
Ya, bentuk karpet yang menyudut segi empat kita sangat tahu pada bagian sudutnya seingkali melipat, ini terlihat kurang baik. Karpet untuk meja makan yang bagian ujungnya membentuk oval atau tidak menyudut tajam, cenderung membulat adalah pilihan yang tepat dan disarankan.

 

meja makan

5. Jenis Permukaan Karpet
Umumnya terbagi dalam dua model, memiliki rajutan menjuntai berbulu dan melipat. Jenis benang yang rajutannya melipat cenderung agak susah di bersihkan tapi ketebalan 'membal'nya lebih lama di banding rajutan menjuntai.

Pemilik karpet untuk meja makan berjenis Berber benang rajutan biasanya melengkapinya dengan mesin vacuum untuk mengangkat debu dan kotoran sisa makanan.

B. Tips Memasang Karpet Untuk Meja Makan

 

meja makan

Percaya tidak percaya, bentuk dan motif karpet untuk meja makan tanpa disadari bisa mengubah mood kita saat berada di ruang tersebut. Tujuan memasang karpet untuk meja makan tentu agar kita ingin ruangan terlihat lebih nyaman, menambah keindahan, dan merubah suasana hati.

Begitu juga cara memasang karpet untuk meja makan ini. Jika salah menampatkannya akan mengubah suasana ruangan dan mengubah mood seseorang, untuk itu diperlukan pengetahuan yang tepat untuk memasang karpet meja makan ini.

1. Ukur dan seimbangkan
Pastikan karpet untuk meja makan ini sudah memiliki ukuran yang benar dan tepat, tidak terlalu kecil atau terlalu lebar. Posisikan dengan tepat ditengah-tengah meja makan, ya

2. Sesuaikan
Setelah karpet untuk meja makan ini terpasang sesuaikan dengan perabot atau interior sekitar. Bagian yang terlalu kontras dengan tema karpet lantai bisa di pindahkan atau diatur ulang agar lebih harmonis.

3. Rata Lantai
Pastikan dengan seksama permukaan lantai sudah benar-benar rata. Pemrukaan yang tidak rata akan membuat karpet jadi bergelombang dan tidak indah dipandang.

4. Beri Alat Tambahan

Untuk karpet baru jika diperlukan pembaca bisa menambahkan seperti lem atau double tape di setiap tepi atau sudut-sudut karpet. Tujuannya untuk mencegah karpet baru tidak sering menggulung atau melipat.


C. Harga Karpet Bawah Meja Makan

 


Bicara harga memang sangat bervariasi, umumnya harga terendah mulai dari  Rp 200.000 an hingga jutaan. Semua itu tergantung dari ukuran, jenis bahan dan kualitasnya. Untuk itu rajin-rajinlah atau windows shopping di toko offline atau online untuk membandingkan harga karpet untuk meja makan ini.

BACA JUGA:


Pentingnya mengetahui informasi tentang karpet bawah meja makan ini adalah agar pembaca tidak salah memilih, sesuai dengan dana yang di keluarkan dan sesuai dengan kebutuhan.

Demikianlah artikel yang membahas karpet untuk meja makan ini. Jika ada hal yang belum disampaikan di artikel kali ini saya mohon masukan dan sarannya. Terimakasih.



LihatTutupKomentar